Cara Membuat Blog Gratis Sebagai Penulis Pemula

Jumpa lagi dengan admin Semixus, oke seperti biasa kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat blog gratis. Dulunya blog gratis ini bisa kita buat dengan mudah melalui blogger.

Sekarang tidak lagi. Cukup pakai CMS nampaknya blog yang kita buat akan menjadi profesional.

Kenapa CMS Lebih Profesional?

Tentu ya karena CMS ini di desain praktis khususnya yang berbau uang apalagi seputar SEO, dengan CMS cukup mudah kita optimisasi tidak seperti pada blog gratis.

Beberapa penyedia CMS yang dapat dicoba seperti Wordpress, Joomla, MODX, dan banyak lagi untuk lainnya dicoba sendiri.

Singkat cerita saja mengenai pengalaman ngeblog pakai CMS pastinya layanan ini berbayar seperti beli hosting, domain, ssl, serta optimisasi lainnya yang diperlukan.

Ngaku Pemula Pakai Blog Gratis Saja

Kok gitu, tenang jangan terburu-buru pakai blog berbayar dengan alasan mudah di optimisasi. Hati-hati apabila kedepannya menipu! banyak kok karena kalah saingan dengan website besar akhirnya down.

Makanya ngak perlu bayar hosting... serta abal-abal lainnya mendingan coba dulu pakai blog gratis.

Setelah sudah paham banyak seputar ngeblog, boleh mencicipi yang namanya berbayar. Baik yang mau tahu seperti apa cara membuat blog dengan layanan gratis ini, selengkapnya dipelajari saja.

Persiapan Membuat Blog Pemula

Karena kita akan membuat blog di blogger, persiapan awal ini kalian membutuhkan sebuah Email Gmail yang dapat kita buat dengan nomer HP.

Langsung saja buka ~> https://www.blogger.com

Tepat pada kolom Title, masukan judul blog kamu


Bagian Address, adalah alamat blog harap di isi sesuai keinginan

Setelah sudah ditentukan, klik Save

Aturan Alamat Blogspot:

Selesai membuat blog, sekarang bisa dilanjutkan untuk membeli alamat domain yang sesuai. Usahakan pakai domain dengan NS indo supaya indeks menjadi cepat.

Atau biarkan berembel-embel blogspot kekurangan pakai alamat ini sepertinya kurang profesional parahnya adalah sewaktu-waktu bisa berubah seperti blogspot.co.id itu.

Dilanjutkan Menulis Blog

Untuk membuat entry baru, silakan klik + New Post

Contoh membuat postingan baru seperti screenshot dibawah!

Kelemahan

Karena hanyalah blog gratis, sebagai penulis pemula sebaiknya hati-hati ketika sedang kebanjiran trafik bisa saja dihapus karena alasan bandwith.

Sebaiknya persiapkan custom domain, backup, untuk berjaga-jaga ketika hosting di blogger down saya rasa cukup itu saja selebihnya dicoba sendiri.

Beberapa Faktor Lain

Hindari tindakan yang bersifat merugikan

Kurangi spam kesana mari hanya urusan backlink

Aktifkan pengaturan Adult Content jika berbau dewasa

Sampai sekarang aman selamat mencoba :P
Advertisement