Cara Mengirim File Laptop ke HP Melalui Bluetooth

Beberapa waktu lalu, admin sempat mendownload beberapa file musik. Karena ini adalah file bisa diputar di Android, jadi admin mencoba untuk memindahkan file tersebut ke HP Android. Umumnya, kebanyakan Laptop sudah berfitur Bluetooth jadi kita tinggal menggunakannya saja seperti mengirim file dari Laptop ke HP.

Supaya Laptop bisa mengirim file melalui Bluetooth, pastikan driver Bluetooth sudah terinstall. Khususnya pada Windows 7 ini dapat kita cek apakah Laptop sudah terinstall driver Bluetooth apa belum terutama bagi yang pernah menginstall ulang Laptop Anda.

Cek Driver Bluetooth Dulu

Untuk mengecek driver Bluetooth ini terlebih dulu kita perlu membuka Device Manager yang terletak di Computer silahkan Anda klik kanan lalu pilihlah Properties => Device Manager.

Setelah sudah mengetahui bahwa driver Bluetooth sudah terinstall di Laptop yang digunakan, sekarang bisa mencoba mentransfer file ke HP dengan beberapa langkah berikut.

Hubungkan Laptop dengan HP

1. Langkah pertama ini kita cukup menghubungkan Laptop dengan Bluetooth cukup masuk ke Control Panel => Hardware and Sound

2. Sekarang pindah ke HP segera aktifkan Bluetooth dan beralihlah ke Laptop lagi untuk menghubungkan Laptop dengan HP klik Add a Bluetooth Device.

3. Tunggu sampai tethering Bluetooth terbaca di Laptop dan klik sesuai device Bluetooth HP yang sudah terbaca => Next.

4. Kembali ke HP tepat pada langkah "Bluetooth pairing reguest"  tab Pair.

5. Kembali ke Laptop klik Next untuk menyesuaikan device HP dengan Laptop agar terhubung tunggu sampai Bluetooth HP terbaca di Laptop.

Mengirim File dari Laptop ke HP

1. Pastikan Bluetooth sudah diaktifkan pada ponsel sekarang kita mencoba untuk mengirim file langsung dari Laptop ke HP Android.

2. Contoh sebagai percobaan saya akan mengirim beberapa file musik yaitu cukup CTRL + A lalu klik kanan pilih Send to => Bluetooth Device.

3. Pilih device Bluetooth HP yang sesuai kemudian klik Next untuk mulai mengirimkan file ke HP.

4. Sekarang cek ke HP silahkan konfirmasi pengiriman file yang tengah dilakukan Laptop yakni dengan tab ACCEPT.

5. Tunggu sampai pengiriman file lewat Bluetooth selesai.

Bagaimana Jika Mengirimkan Folder

Sepertinya ngak bisa deh kalaupun bisa kamu perlu mengompresi beberapa folder tertentu yang mau dikirmkan ke HP dengan Winrar.

Hasilnya nanti folder yang sudah dikompresi pakai program Winrar akan menjadi sebuah file sehingga kamu bisa mengirimkan ke HP.

Kirim File dari HP ke Laptop

Setelah sudah percobaan ternyata mengirim file dari HP ke Laptop tidak bisa dilakukan melalui Bluetooth jadi bila ingin mencoba membutuhkan aplikasi khusus seperti WA.

Atau silahkan unggah file dari HP yang mau dikirimkan seperti Google Drive agar bisa didownload ke Laptop hasilnya tetapi ukuran file terlalu kecil apabila menginginkan cepat.

Advertisement