Cara Hapus Cache di Chrome Windows

Perawatan browser memang perlu diperhatikan terutama kerap kali digunakan untuk internetan seperti nonton Video, Browsing, dan sebagainya. Beberapa kali berkunjung ke situs-situs tertentu pastinya membuat browser yang digunakan akan semakin lambat.

Pernyataan itu sebanding dengan apa yang diciptakan sebuah browser bahwa biasanya setiap browser sudah dirancang secepat mungkin sehingga membutuhkan file Cache, Cookies, dan History. Fungsi dari ketiga macam percepat browser itu saling berkaitan yang memiliki fungsi masing-masing.

Disini saya tidak perlu panjang lebar hanya soal masalah percepat browser karena yang dibahas hanyalah file Cache saja jadi perlu dijelaskan bahwa file Cache merupakan sebuah file yang menyimpan data-data sementara bisa berupa teks, gambar, maupun video yang pernah dikunjungi.

Permasalahan yang menjadi penyebab kenapa seorang punya keinginan untuk menghapus file Cache adalah karena ada batasan tertentu bahkan pernah sampai file Cache lebih dari 300MB. Jika sudah seperti ini berarti bisa berpotensi penyebab browser lambat karena sudah maksimal.

Maka sebabnya proses hapus file Cache diperlukan sedangkan pada browser Google Chrome dekstop ini berarti kita pakai Komputer PC atau Laptop. Mengenai tutorial cara hapus Cache di Chrome Windows, sepertinya mudah dilakukan yakni dengan beberapa langkah ini.

Hapus Lewat History Chrome

Buka browser Chrome tepat address bar kunjungi link ini ~> chrome://settings/clearBrowserData

Untuk menghapus file Cache di Chrome dekstop diperlukan centang "Cached images and files"

Setelah sudah dilakukan klik Clear data.

Hapus Lewat CCleaner

Dengan menggunakan CCleaner memungkinkan kita bisa menghapus Cache browser dengan mudah yakni cukup membuka aplikasi CCleaner di dekstop.

Pastikan tidak ada aplikasi yang terbuka ketika melakukan scanning menggunakan CCleaner.

Untuk hapus file Cache browser seperti Chrome, cukup cek Applications => Google Chrome

Pastikan Internet Cache sudah tercentang atau biarkan default saja

Langsung saja klik Run Cleaner (angka 1) dan klik OK (angka 2)

Tunggu proses penghapusan file Cache sampai beberapa file browsing lainnya selesai paling cukup 1 sampai 3 menit saja.

Keuntungan

Setelah proses menghapus file Cache, sepertinya ada beberapa keuntungan yang dapat kita rasakan setelahnya pengalaman beberapa ini.

  • Browser Chrome akan menjadi cepat karena tidak terbebani menyimpan semakin bertambahnya file Cache sampai 300MB lebih.
  • Saat file Cache sudah dihapus, ternyata pada beberapa web login seperti Gmail, Facebook, dan sebagainya yang membutuhkan login password tidak akan logout.
  • Mencegah error Snap Google Chrome yang saat ini masih misterius salah satu penyebabnya adalah file Cache terlalu tinggi.

Saran Terbaik

Lakukan penghapusan file Cache secara rutin agar perawatan mudah dilakukan, mungkin kamu perlu mencoba aplikasi Optimisasi Windows saat ini CCleaner.

Jika pakai browser lain apakah sama?

Tentu paling tidak cuma beda opsi saja saat ingin hapus Cache sesuai browser yang kamu pakai karena cara kerja dari file Cache ini memang diciptakan sama.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan sewaktu mau hapus file Cache di Chrome Windows. Semoga atas apa yang sudah disampaikan melalui postingan berguna bagi yang membutuhkan.

Advertisement