Cara Melihat Spesifikasi: RAM, CPU, VGA dan DDR - Windows

Waktu dulu ketika membeli Laptop bekas, Admin perlu mempelajari sedikit mengenai seputar program Komputer karena berawal dari topik mau beli Laptop bekas, jadinya diperlukan pengalaman untuk mengetahui spesifikasi Laptop maupun Komputer.

Beberapa komponen utama yang perlu diketahui adalah RAM dan CPU. Sebab itulah jika sudah paham sedikit atau sebelumnya sudah punya disini akan saya tambahkan bagaimana cara melihat spesifikasi RAM dan CPU terutama yang terinstall OS Windows.

Melalui Windows Task Manager

Pertama ini saya jelaskan mengecek RAM Windows melalui Task Manager yang dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  • Klik kanan pada Taskbar
  • Pilih Properties
  • Pilih Performance

Melalui DirectX Diagnostic

Jika mau melihat spesifikasi lengkap CPU yang disematkan pada Windows, Anda cukup melihat spesifikasi CPU dengan perintah berikut:

Klik pada Gambar ~ perbesar

  • Tekan bersamaan tombol WIN + R di keyboard
  • Pada kolom Run, ketik dxdiag
  • Klik OK

Masih tetap di DirectX Diagnostic Tool selain spesifikasi prosesor, Anda juga bisa mengetahui VGA Onboard yang terletak di Display.

Pada fitur Windows program DirectX Diagnostic Tool, sepertinya hanya dapat melihat spesifikasi CPU dan VGA Onboard saja. Bila menginginkan lebih, coba install CPU-Z cari saja di Google ada banyak.

Bila VGA Onboard spesifikasinya kurang besar mungkin digunakan untuk Editing Gambar - Video atau bermain Games, bisa ditambahkan VGA eksternal agar hasilnya sesuai dengan keinginan.

Pakai Program CPU-Z

Selain dapat digunakan untuk mengecek RAM, CPU, VGA, ternyata dengan pakai program CPU-Z juga dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi Motherboard yakni DDR.

Mengetahui DDR motherboard dibutuhkan bila kita ingin menambah RAM Laptop Komputer biasanya harus disesuaikan dengan jenis DDR motherboard.

Langkah mengecek DDR motherboard dengan CPU-Z:

  • Buka program CPU-Z
  • Pilih menu Memory
  • Tipe DDR Laptop pada General

Bila saat digunakan browsing sering lemot, Anda bisa mengganti memori ram DDR 2 maksimal dari RAM 2GB bisa menjadi 4GB.

Syarat dan Ketentuan

Beberapa langkah diatas telah berlaku untuk semua Windows sepertinya hanya sedikit beda opsi saja jadi dapat diabaikan bila sebelumnya sudah paham atau pernah menggunakan salah satunya.

Search terms: Laptop, netbook, Notebook, Komputer, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Windows 11, Asus, Dell, Lenovo, Toshiba, HP.

Advertisement