Cara Hapus dan Mengembalikan File Terhapus di Windows 7

Seakan sering mengunduh sebuah file berjenis apapun di Windows 7, sepertinya semakin lama akan bertambah banyak sehingga mengakibatkan kapasitas penyimpanan Harddisk sudah tidak mencukupi yang mengakibatkan kinerja OS Windows 7 menjadi lambat.

Proses menghapus file di Windows 7 ini sebenarnya dapat kita lakukan dengan mudah. Kita cukup menentukan file apa yang hendak di hapus bahkan bisa langsung folder tertentu yang di hapus.

Contoh Beberapa File Yang Dihapus

1. File Rusak, ini bisa menjadi penyebab kenapa berkeinginan ingin menghapus misalnya gagal di install.

2. File Duplicat, berarti file ganda misalnya sudah punya sebelumnya ngak sengaja download ulang sehingga telah terjadi file duplicat.

3. Sudah di Uninstall, Ternyata setelah program di uninstall tidak sepenuhnya file atau folder masih melekat di file system seperti file registry.

Langkah untuk menghapus file di Windows 7 Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut;

Klik Kanan Lalu Delete

Pilih file atau folder yang akan dihapus setelahnya langsung saja klik kanan tepat pada file yang akan dihapus selengkapnya lihat contoh gambar.

Lalu pilih Delete untuk menghapus file atau folder.

Hapus File atau Folder Permanen

Setelah proses menghapus file atau folder sudah dilakukan tetapi masih tersimpan di Recycle Bin, tentunya kamu perlu menghapus juga file atau folder yang masih tersimpan di harddisk.

Langkah untuk menghapus semua file secara permanen diperlukan tindakan dengan klik CTRL + A untuk memudahkan menyeleksi semua file atau folder di Recycle Bin.

Lalu klik Delete tepat pada keyboard nanti akan muncul jendela popup yang memberitahukan bahwa apakah anda yakin ingin menghapus semua file sesuai dengan jumlah semua file atau folder yang ditentukan, klik saja Yes.

Khusus File Registry Windows

Biasanya file registry merupakan bagian dari program tambahan yang merupakan pendaftaran yang di install di Windows. Jika seringkali coba-coba install - uninstall program sebaiknya bersihkan file registry supaya ngak mengurangi performa kinerja Windows.

Langkah menghapus file Registry, diperlukan program tambahan menurut beberapa ahli menyatakan bahwa menangani masalah membersihkan file registry boleh dicoba CCleaner.

Tonton video dibawah ini selengkapnya penghapusan file Registry secara benar.

Bagaimana Jika File Tidak bisa Dihapus?

Nonaktifkan program yang masih berjalan jika file yang hendak dihapus telah berjalan di Windows 7 dengan buka Task Manager lalu pilih program yang berjalan klik End Task.

Pastikan jika file yang hendak dihapus bukannya file system yang terletak di System Reserved (C:) seperti OS Windows 7.

Pastikan tidak menginstall Deep Freeze.

Jika seperti program tambahan seperti Chrome sampai sejenisnya pastinya bisa kok sebelumnya Uninstall terlebih dahulu.

Mengembalikan File Yang Sudah Terhapus

Terutama yang menggunakan Windows 7, file atau lainnya yang sudah terhapus bisa di kembalikan ke awal dengan melakukan Restore yang terletak di Recycle Bin.

Untuk melakukan Restore di Windows 7 Anda perlu masuk ke Recycle Bin kemudian cari file atau folder yang mau di Restore dengan cara double klik pilih Restore.

Search Terms: PC, Laptop, Asus, Dell, HP, Acer, Toshiba, Lenovo.
Advertisement